Beranda > kawat dunia > Bisnis Sewa Mobil Pribadi Marak di Amrik

Bisnis Sewa Mobil Pribadi Marak di Amrik


Di pantai barat Amerika, karena banyak mobil milik pribadi tidak dipakai, banyak orang punya gagasan untuk memulai bisnis penyewaaan mobil bagi yang membutuhkannya.
Eric Loebel meminjamkan mobilnya kepada tetangganya dengan sewa murah. Mobilnya, sedan Volvo biru tua tahun 2000. Konsultan penjualan dan pemasaran itu mengatakan ia tidak memerlukannya lagi.
“Saya dan istri saya adalah pengendara sepeda dan hampir tidak membutuhkan mobil, tapi belum dapat meniadakan mobil sebagai unsur penting di dalam keluarga. Jadi, kami punya satu mobil yang hampir sepanjang waktu hanya diparkir di depan rumah,” ujar Loebel.
Loebel merupakan salah seorang pemilik mobil di Portland yang pertama-tama mendaftarkan mobilnya untuk disewakan melalui agen pelayanan yang menawarkan, “peer to peer car sharing” atau “berbagi mobil antar sesama”. Agen itu bernama, getaround.com
“Memiliki mobil sangat mahal. Usaha penyewaan ini menghemat biaya pemilikan,” ujar Loebel lebih lanjut.

Situs itu mengijinkan pemilik mobil memutuskan sendiri, berapa biaya yang dikenakan kepada penyewanya, per jam, per hari atau per minggu.

“Saya menetapkan harga 9 dolar per jam, atau 199 dolar per minggunya,” papar Loebel. Ketika ditanya,apakah tidak khawatir kalau penyewa merusakkan mobil miliknya, Eric mengatakan,” Tidak. Saya tidak merasa punya hubungan khusus dengan mobil saya.”

Di samping itu, menurut Loebel, bisnis penyewaan mobil termasuk  asuransi kecelakaan dan tabrakan.

Penyewaan mobil pribadi dimulai di Jerman satu dasawarsa lalu, dan ada beberapa cabang perusahaan di Eropa dan Australia. Menurut John Atcheson, Wakil Direktur getaround.com, konsep penyewaan ini menjadi populer di California tahun-tahun terakhir ini. Getaround.com merupakan satu dari empat bisnis persewaan yang dimulai di San Fransisco.

Perusahaan Atcheson  dan saingannya, memeriksa catatan mengemudi para penyewanya. Pemilik mobil pribadi menawarkan kendaraan mereka di situs internet getaround.com setelah mereka terdaftar sebagai  anggota. Perusahaan penyewaan mobil itu mendapat komisi 35 sampai 40 persen dari biaya sewa, untuk menutup biaya administrasi dan asuransi.

Pendapatan dari Getaround itu, dapat membantu pemiliknya menutup biaya pemeliharaan mobilnya.

Sebuah jasa layanan penyewaan lain bernama JustShare berencana menyewakan kendaraan lain selain mobil. Pendirinya mengatakan, perusahaannya akan menawarkan perahu motor, sepeda motor pantai, jet ski dan mobil salju.

Kategori:kawat dunia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: